"MOHON MAAF ATAS KETERBATASAN. KARENA WEB-BLOG MASIH DALAM PENGEMBANGAN" Terima Kasih...

Kamis, 03 Maret 2011

"Khadafi Tertarik Proposal Perdamaian Chavez"


Presiden Veneuzela Hugo Chavez, Kamis (3/3), menawarkan diri untuk menengahi krisis Libia. menurut berapa pejabat di Caracas pemimpin Libia Muammar Kadafi tertarik, dengan tawaran tersebut. Menteri Penerangan Venezuela Andres Izarra mengatakan Chavez membahas usul itu dengan Khadafi melalui telepon, sekitar dua pekan setelah protes berlangsung sehingga ratusan orang tewas di negara Afrika Utara tersebut. "Kami dapat mengkonfirmasi ketertarikan Libia untuk menerima usul ini, begitu juga dengan Liga Arab," kata Izarra.

Chavez, melontarkan pada Senin (28/2) gagasan mengenai pembentukan misi perdamaian internasional guna berusaha mencapai penyelesaian yang akan menghindari perang saudara di Libia.

Namun para pengunjuk rasa anti-pemerintah menolak tawaran itu. "Kami memiliki pernyataan yang sangat jelas. Itu sangat terlambat. Terlalu banyak darah telah mengalir," kata Mustafa Gheriani, jurubicara bagi kelompok yang menyebut dirinya Dewan Nasional, yang didirikan di kota Benghazi, Libia timur. Sementara Liga Arab menyatakan tengah mengkaji tawaran itu. Namun satu sumber di Liga Arab mengatakan tanggapan atas usul Chavez harus dipertimbangkan secara seksama.

Amerika dan negara-negara barat lainnya menolak usulan Cavez. Dalam pernyataan bersama di Washington Presiden Mexico Felipe Calderon dan Presiden Barack Obama menyerukan Khadafi untuk mundur demi kebaikan negerinya. Obama juga mengatakan ia sedang mengkaji "aksi penuh" pilihan militer, termasuk zona larangan terbang. Prancis juga menolak usul penengahan Chavez. Menurut Menteri Luar Negeri Alain Juppe, Setiap penengahan yang memungkinkan Kolonel Khadafi untuk membuat dirinya berhasil tentu saja tak dapat diterima. (AFP/Ant/ARI)

sumber :
Liputan6.com
04/03/2011 07:52

1 komentar:

iman mengatakan...

Insya Allah keadaan libia akan membaik dgn turunya Muammar Kadafi . Amiin .

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews